Senin, 26 Februari 2007

Men-download Driver dari Internet

Untuk menjalankan periferal Anda dibutuhkan driver yang bisa berujud disket atau pun disc. Sebenarnya apa itu driver? Driver adalah file yang menunjukkan bagian peralatan dan yang memberitahukan komputer untuk beroperasi. Tanpa penggunaan driver, periferal yang tersambung atau ada di komputer, contohnya printer dan scanner, tak akan dapat dioperasikan.

Biasanya ketika kita membeli periferal baru, pasti ada driver-nya. Lalu bagaimana bila kita membeli barang bekas atau second hand yang tidak ada driver-nya, atau jika driver aslinya yang ada telah rusak?

STEP 1

Gunakanlah salah satu search engine yang biasa Anda pakai. Ketikkan nama periferal dan ditambahkan kata "driver". Misalkan saja kita akan mencari driver untuk printer Lexmark dengan menggunakan Altavista. Setelah mengeklik tombol [Search] akan muncul daftar hasil pencarian. Bacalah satu persatu, bila tidak menemukan hasil yang pas, cobalah untuk mengetikkan kata kunci yang lain atau gunakan search engine lainnya, seperti Google.

STEP 2

Setelah Anda menemukan hasil berupa daftar link ke situs web terkait, klik link untuk men-download driver tersebut, dan tunggulah sampai muncul situs tersebut. Mungkin perlu waktu juga untuk menemukan driver yang Anda maksud. Setelah ketemu biasanya ada icon atau link yang mewakili file yang akan Anda download. Kliklah maka akan muncul dialogue box yang menanyakan Anda untuk menyimpan file tersebut, atau menjalankannya langsung dari lokasi aslinya. Pilih saja opsi untuk menyimpan ke hard disk, dialogue box baru akan muncul menanyakan di mana Anda akan menyimpan file download ini. Tentukan tempat yang paling mudah diingat, seperti di dalam Desktop.

STEP 3

Ketika Anda sudah menentukan tempat untuk menyimpan file download (file driver) tersebut, klik [OK], maka segera mulai proses download. Muncul dialogue box yang menunjukkan ukuran file dan lama proses download. Jangan kaget bila pada dialogue box tertera berapa lama waktu yang dibutuhkan. Bisa jadi lebih dari satu jam, dan ukuran waktu ini kadang tidak tepat. Meski demikian, waktu yang diperlukan untuk men-download file tergantung dari ukuran file dan proses transfer yang tertera pada dialogue box.

STEP 4

Ketika file selesai di-download ke komputer Anda, muncul dialogue box yang menanyakan Anda untuk membuka file tersebut. Klik tombol [Close] lalu putuskan koneksi internet, dan tutup semua program yang anda jalankan. Pastikan periferal yang akan Anda jalankan tersambung ke PC, dan nyalakan.

STEP 5

Temukan file yang baru saja Anda download lalu unzip-lah terlebih dahulu dengan program Winzip. Bila Anda tidak punya program Winzip, download-lah juga dari internet www.winzip.com . Bacalah juga file readme.txt yang berisi informasi untuk menyetelnya di komputer Anda. Namun jika file tersebut tidak perlu di-unzip, klik saja dua kali untuk menjalankannya. Tunggulah sampai driver ini mengesetnya secara otomatis.

STEP 6

Setelah driver tersebut diinstal, sebuah prosedur tes mungkin saja muncul untuk memastikan driver tersebut dapat dijalankan. Lalu PC Anda perlu di-restart - kadang proses restart ini langsung berjalan. Tutup semua program atau dokumen terlebih dahulu sebelum Anda menginstal driver ini.

STEP 7

Apabila driver tersebut tidak dapat bekerja secara sempurna, ulangilah lagi. Anda dapat mengecek driver ini di dalam dialogue box System Properties yang terletak pada Control Panel. Cara lain membuka System Properties adalah dengan menekan tombol [Windows] dan [Pause/Break] pada kibor. Setelah muncul dialogue box, kliklah pada tab Device Manager dan lihat daftar perangkat dan driver yang dipakai. Apabila ada peringatan bertanda kuning, maka klik pada kata periferal tersebut.

STEP 8

Dengan periferal yang bertanda peringatan kuning tersebut kliklah tombol [Properties]. Dialogue box yang lain akan tampil dan ada keterangan pada Device Status. Klik tombol [Reinstall Driver] atau klik tab Driver dan tekan tombol [Update Driver]. Maka akan tampil Wizard yang memandu Anda selama proses reinstall. Yang Anda perlukan hanya membantu Windows untuk menempatkan driver yang telah Anda download sebelumnya. Apabila periferal Anda tetap tidak bisa berjalan normal, mungkin saja bukan driver yang salah. Bisa jadi periferal atau program Anda yang rusak. Kalau ini yang terjadi, hubungi tempat layanan terdekat.

Tidak ada komentar:

Shalat Yukk!!!